RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)
Sekolah : SMP Negeri 7 Tangerang. Mata
Pelajaran : IPS |
Kelas/Semester : VIII
( Delapan )/Ganjil Alokasi
Waktu : 2 x 30 menit (1 x Pertemuan) |
P1 |
||
Materi
Pokok |
: |
Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan
Dinegara-Negara ASEAN |
||
1, Tujuan Pembelajaran |
Selama dan setelah mengikuti proses
pembelajaran ini peserta didik diharapkan Mampu: ·
Mampu
menjelaskan Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN
melalui peta rupa bumi |
Alat dan
Media Pembelajaran |
|
|
||||
|
Alat |
: |
Laptop ,
lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Internet, sumber
yang relevan |
|
Media Pembelajran |
: |
Peta Asia |
|
Buku Guru &
Siswa |
2, Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran |
|
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
v Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran (religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
|
Sintak pembelajaran |
Kegiatan Inti ( 90 Menit ) |
Orientasi peserta
didik kepada masalah |
Peserta didik diberi motivasi dan
panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka
diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta
rupa bumi Guru Mengajukan pertnyaan (Hots): Secara bentuk geografis,
Negara-negara ASEAN memiliki cirri-ciri seperti, jelaskan? |
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok |
Aktivitas
(4c) Ø Peserta
didik diminta untuk mengamati dan menganalisis gambar yng sudah guru sajikan
tentang kondisi geografis ASEAN pada kegiatan mengamati Ø Peserta
didik diminta untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 3-5 orang peserta
didik untuk menganalisis dan menabarkan kondisi geografis Negara-negara ASEAN
melalui peta rupa bumi Mendiskusikan
(4C) Ø Peserta didik dininta membentuk kelompok diskusi yang terdiri
dari 3-5 orang untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan berikut ini -
Jelaskan
cirri-ciri Negara ASEAN berdasarkan letak geografis |
Proses pemecahan masalah |
F Peserta didik Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa. F Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran. |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
F Mengagendakan materi atau
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah F Guru meminta salah
seorang peserta didik memimpin doa dengan disiplin. |
3, Penilaian (Asesmen) |
|
|
Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. H. SUJONO ENDANG MARJOKO, M.Si |
|
Tangerang,
13 Juli 2020 Guru mata pelajaran
M.
AGUS SETIONO, S.E. |
NIP. 19620621 198412 2 005 NIP. 19720809 200604 1 009
0 komentar:
Posting Komentar