About

blog ini berisi materi pembelajaran IPS SMP.

Jumat, 04 September 2020

RPP ASEAN 01

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019)

 

Sekolah             : SMP Negeri 7 Tangerang.

Mata Pelajaran   :  IPS

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Ganjil

Alokasi Waktu   : 2 x 30 menit (1 x Pertemuan)

P1

Materi Pokok       

:

Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Dinegara-Negara ASEAN

 

1, Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan Mampu:

·         Mampu menjelaskan Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi

 

Alat dan Media Pembelajaran

 

 

 

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Internet, sumber yang relevan

 

Media Pembelajran

:

Peta Asia

 

Buku Guru & Siswa

 

2, Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran   

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

Sintak

pembelajaran

Kegiatan Inti ( 90 Menit )

Orientasi peserta didik kepada masalah

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi

Guru Mengajukan pertnyaan (Hots):


           Secara bentuk geografis, Negara-negara ASEAN memiliki cirri-ciri seperti, jelaskan?

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Aktivitas (4c)

Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati dan menganalisis gambar yng sudah guru sajikan tentang kondisi geografis ASEAN pada kegiatan mengamati

Ø  Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 3-5 orang peserta didik untuk menganalisis dan menabarkan kondisi geografis Negara-negara ASEAN melalui peta rupa bumi

Mendiskusikan (4C)

Ø  Peserta didik dininta membentuk kelompok diskusi yang terdiri dari 3-5 orang untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan berikut ini

-          Jelaskan cirri-ciri Negara ASEAN berdasarkan letak geografis

Proses pemecahan masalah

F  Peserta didik Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.

F  Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran.

Kegiatan Penutup (15 Menit)

F  Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah

F  Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin doa dengan disiplin.

          

3, Penilaian (Asesmen)

 

 

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 



Drs. H. SUJONO ENDANG MARJOKO, M.Si 

 

Tangerang, 13 Juli 2020

Guru mata pelajaran


 

 

M. AGUS SETIONO, S.E.

     NIP. 19620621 198412 2 005                                                                 NIP. 19720809 200604 1 009



0 komentar:

Posting Komentar